BLOG Artikel

Fakta Unik Tentang Kaos Polos

 

 

 

 

Hampir semua orang dan semua kalangan pasti pernah memakai Kaos Polos, bahkan ada sebagian orang yang hanya memakai Kaos Polos setiap harinya. Kamu pasti salah satunya yang sering memakai Kaos Polos, Meskipun Kaos Polos ini terlihat simple ternyata mempunyai fakta yang belum banyak orang tau, ini dia beberapa fakta tentang kaos polos yang belum kalian ketahui :

 

  1. Awalnya daleman tentara

 

Pada awalnya Kaos Oblong atau Kaos Polos digunakan sebagai kaos daleman oleh para tentara Inggris dan Amerika di abad 19 sampai awal abad 20.

 

  1. Populer setelah dipake Marlon Brando

 

Kaos Oblong atau Kaos Polos ini menjadi populer ketika dipake oleh Marlon Brando sebagai pakaian luar saat main teater berjudul A Street Named Desire di tahun 1947, dan James Dean make di film Rebel Without a Cause pada tahun 1955.

 

  1. Salah satu simbol Kaum Hippies

 

Revolusi Kaos Oblong terjadi pada tahun 60an ketika Komunitas Hippie menggunakan T-shirt/kaos sebagai salah satu simbolnya, yaitu dengan membuat kaos polos menjadi warna-warni.

 

  1. Media Propaganda

 

Di tahun 60an juga Komunitas Punk, Organisasi Politik, dll, membuat Kaos oblong atau Kaos polos menjadi media propaganda, karena statement apapun dapat dicetak di atasnya.

 

  1. Kaos Unik di Indonesia

 

Di Indonesia pada tahun 1980 dunia kaos oblong dikuasai oleh industry kreatif yang terkenal dengan designnya yang unik dan menarik, seperti C59 dari Bandung, JOGER dari Bali, dan DAGADU dari Yogyakarta.

 

  1. Media Kreatifitas

 

Kaos Polos dijadikan media kreatifitas para desainer dalam berkarya, terbukti dengan berjamurnya clothing dan distro di kalangan bisnis modern.

 

  1. Sebagai Identitas

 

Kaos oblong banyak dipake buat nunjukin identitas si pemakai, kaya misalnya dia penggemar band, atau mereka adalah sebuah komunitas,  kaos buat pasangan, dll.

 

  1. Lebih menarik dengan ide cutting

 

Beberapa orang bosen dengan model kaos oblong yang gitu-gitu aja, mereka menyulap kaos oblong bekas menjadi lebih fashionable dengan teknik cutting.

 

  1. Rekor memakai kaos terbanyak

 

Sanath Bandara adalah pemilik rekor “menggunakan kaos dalam satu kesempatan” dengan 257 baju. Pemakai baju terbanyak ini dipecahkan di Colombo, Sri Lanka pada tanggal 22 Desember 2011. Sebelum Bandara, pemilik pemakai baju terbanyak itu Hwang Kwanghee asal Korea Selatan dengan 252 kaos.

 

  1. Sempat Jadi Polemik

 

Kaos atau tshirt sempat diprotes oleh beberapa kalangan yang tidak setuju kalau kaos dipake buat pakaian sehari-hari. Tapi sebaliknya anak-anak muda anggapnya kaos itu keren dan sebagai bentuk perlawanan. Nah, makanya di tahun 1961 sebuah organisasi menuntut supaya kaos atau tshirt diakui sebagai pakaian sopan.

 

  1. Sebagai Bentuk Ungkapan

 

Sekarang kaos atau tshirt sudah hal yang umum sekali. Bentuk dan warnanya juga sudah macam-macam. Bahkan sudah ada gambarnya dan tulisan di atas kaos. Nah, gambar dan tulisan ini lah yang akhirnya sering dijadikan bentuk ungkapan sang pemakai.

 

Itu dia beberapa fakta tentang Kaos Polos, pasti pada belum tau ya sebelumnya fakta yang di balik dari kaos polos yang suka kalian gunakan ini tapi sekarang sudah tau kan….

Bagaimana menurut kalian ?? semoga artikel ini bermanfaat ya buat kalian semua

 

 

 

 

 

 

 

12Shares